0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Ngeblank di tengah-tengah ujian TKD CPNS memang bisa menghambatmu untuk lulus CPNS dengan baik. Setiap orang pasti pernah ngeblank atau tidak fokus ketika sedang menghadapi ujian. Itu dikarenakan adanya faktor yang menyebabkan otak tidak bisa bekerja dengan baik secara tiba-tiba meskipun persiapan belajarmu sudah lebih dari cukup. Akibatnya, kamu pun akan asal menjawab soal.

Ngeblank adalah situasi di mana kamu tidak bisa berpikir sama sekali dan tidak ada ingatan mengenai materi yang kamu pelajari di bimbel CAT CPNS sekalipun. Mengesalkan, bukan? Di saat kamu sudah mempelajari semua tes yang akan kamu hadapi, namun ketika soal sudah ada di hadapanmu, tiba-tiba otak berhenti untuk mengingat semuanya. Kenapa bisa demikian?

Jawabannya tentu saja karena faktor gugup. Jika orang merasa gugup akan sulit berkonsentrasi, bukan? Pati kamu pun pernah merasakannya. Jika kamu pernah mengalaminya, segera cari tahu solusinya agar pada saat tes TKD CPNS, kamu bisa mengatasinya dengan baik.

Bagaimana Orang yang Sedang Tes Bisa Ngeblank?

Ini sebenarnya pengetahuan untuk kamu yang mungkin tidak akan diajarkan ketika kamu mengikuti bimbel privat CPNS. Ketika kamu mendengar “Waktu tinggal 15 menit lagi.” dan itu diserukan oleh petugas. Pasti kamu langsung gugup atau panik, bukan? Mengira kamu akan terlambat dan kehabisan waktu untuk menjawab semual soal.

Seseorang yang merasa panik, pasti pikirannya menjadi tertekan. Ketika merasa tertekan, bagian otak yang bernama reptil akan bereaksi, di mana otak ini berfungsi dalam pernapasan, insting berbahaya dan terancam hingga denyut jantung. Sementara jika kamu ingin memahami semua soal, semua elemen tersebut mengganggu pada bagian neokorteks. Jelas saja kamu tidak akan bisa berpikir.

Biaya Bimbel CPNS P3K Soal Tryout Modul Nusagma 2019
Biaya Bimbel CPNS P3K Soal Tryout Modul Nusagma 2019

Kenapa? Tentu saja karena bagian otak reptil sedang bekerja, sehingga neokorteks tidak mampu menyerap dan menganalisis informasi dengan baik. Meskipun kamu sudah belajar serius di rumah dan di bimbel CAT CPNS, bila tidak mengatasi kepanikan dengan cepat, kamu tak bisa berpikir dengan baik. Untuk itu, perhatikan tips di bawah ini.

Cara Mengatasi Ngeblank Saat Tes TKD CPNS

ngeblank terlalu lama memang tidak mengasyikkan. Agar kamu bisa cepat berkonsentrasi lagi, maka ikutilah cara-cara berikut ini :

  1. Pejamkan mata sejenak. Ya, pejamkan mata untuk mengembalikan konsentrasimu sambil menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan. Pastikan kamu juga memposisikan untuk duduk senyaman mungkin.
  2. Agar otot-otot tidak tegang, kamu bisa memijat tangan. Pihat lembut telapak tanganmu selama beberapa menit untuk mengurangi rasa tegang.
  3. Dan yang terakhir, lihat ke sekelilingmu. Dengan melihat teman yang masih mengerjakan, kamu bisa ikut tenang.

Dan kamu pun bisa meminimalisir tegang di waktu-waktu terakhir ujian dengan belajar sebaik mungkin. Untuk bisa lulus di CPNS dengan mudah, bergabunglah ke bimbel Nusagama. Di mana tentor kami bisa datang ke rumahmu sesuai jadwal yang kamu inginkan.

Nusagama merupakan bimbel terbaik untuk memabantu kamu dalam mengikuti seleksi CPNS. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa mengerjakan soal CPNS. Karena nusagama menjamin kamu untuk bisa lulus di CPNS. Bagi Anda yang berminat bimbel privat CPNS di nusagama, bisa menghubungi nomor yang tersedia.

Keyword : Bimbel CAT CPNS, Bimbel Privat CPNS, Lulus CPNS Deskripsi : Ngeblank di tengah-tengah ujian TKD CPNS memang bisa menghambatmu untuk lulus CPNS dengan baik