UA-226133185-1
0812 1566 3955 [email protected]
Ilustrasi: Metode Art and Craft

Setiap orangtua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anaknya dalam segala hal. Terutama dalam hal pendidikan, karena pendidikan yang didapat di masa kecil inilah yang akan menentukan bagaimana seorang anak bisa menghadapi masa depan. Tidak heran jika kemudian muncul berbagai ide pembelajaran untuk memaksimalkan proses perkembangan anak. Salah satu metode yang cukup populer adalah art and craft, atau pembelajaran dengan kesenian.

Dunia anak adalah dunia permainan. Seorang anak biasanya akan mengenali lingkungan sekitarnya dan mempelajari hal-hal baru sambil melakukan suatu permainan. Karenanya orang tua maupun guru sebaiknya bisa menggunakan permainan sebagai metode pembelajaran bagi anak.

Art and Craft Bisa Menjadi Opsi

Metode Art and Craft atau metode seni dan kerajinan merupakan kegiatan bermain yang mengajak anak untuk menghasilkan karya seni tertentu. Seni dan kerajinan dalam pembelajaran anak dapat dilakukan sambil bermain. Pembelajaran ini juga memiliki beberapa versi seperti menciptakan suatu karya seni dengan menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Art and craft sendiri merupakan istilah dari Bahasa Inggris yaitu “Art” dan “Craft”. Art atau seni merupakan usaha manusia untuk menciptakan suatu bentuk yang indah. Suatu karya seni merupakan hasil dari keselarasan antara rasa dan pikiran yang mewujud menjadi sesuatu yang indah.

Sedangkan “Craft” memiliki arti “kerajinan” dalam bahasa Indonesia. Kerajinan adalah jenis pekerjaan atau kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu. Proses untuk membuat kerajinan sepenuhnya menggunakan tangan manusia.

Pembelajaran dengan metode ini adalah pembelajaran yang memanfaatkan bahan-bahan tertentu untuk menghasilkan suatu karya seni atau suatu kerajinan. Pembelajaran semacam ini dapat berlangsung dalam kelompok maupun individu.

Merangsang Kreativitas anak

Bentuk-bentuk pembelajaran yang melibatkan seni dan kerajinan merupakan salah satu cara efektif untuk melatih kreativitas anak. Membiasakan anak untuk melakukan eksplorasi pada suatu karya tentu akan membuat kreativitas anak menjadi lebih terlatih. Art and craft sebagai suatu metode pembelajaran juga bisa menjadi sarana untuk mengetahui bakat dan minat anak.

Melalui seni dan kerajinan anak dapat belajar tentang seni yang berhubungan dengan rangsangan visual. Melalui kegiatan seperti ini anak dapat mengenal suatu keindahan yang perwujudannya bisa dalam bentuk warna, garis, tekstur, dan bidang yang membentuk karya tertentu.

Jika Bunda sedang mencari pendamping untuk belajar anak usia dini. Nusagama College merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan guru privat terbaik untuk anak Bunda. Tutor di Nusagama College adalah tutor-tutor terbaik dari universitas ternama di Indonesia.