fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

MTsN Yogyakarta 2  Kota Yogyakarta, MTs Negeri II Yogya. Alamat: Mendungan, Giwangan, Umbulharjo VII No. 566, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163, Telepon: (0274) 379042

Visi dan Misi MTs Negeri Yogyakarta II adalah

Visi MTs Negeri Yogyakarta II :

“Menjadi Institusi Pendidikan yang Unggul dan Terkemuka Dalam Ke-Islaman, Pengetahuan dan Kreativitas”.

Misi MTs Negeri Yogyakarta II :

  1. Meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama Islam bagi seluruh komponen madrasah dalam menuju kesempurnaan iman dan amal shaleh.
  2. Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bidang intrakurikuler terutama mata pelajaran yang diujikan secara nasional.
  3. Memotivasi semangat segenap komponen madrasah untuk  saling belajar, bekerjasama, dan berkreativitas dalam rangka menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
  4. Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  5. Meningkatkan mutu sarana dan prasarana penyelenggaraan proses pembelajaran terutama perpustakaan
  6. Menjadikan madrasah sebagai lembaga favorit orangtua dan siswa pada jenjang pendidikan dibawahnya dalam melanjutkan pendidikan
mtsn-yogyakarta-2-english-club-prambanan

mtsn-yogyakarta-2-english-club-prambanan

mtsn-yogyakarta-2-hari-amal-bakti

mtsn-yogyakarta-2-hari-amal-bakti

mtsn-yogyakarta-2-logo

mtsn-yogyakarta-2-logo

LATAR BELAKANG

Dalam hasanah nasional, Madrasah merupakan fenomena budaya yang berusia lebih dari satu abad. Bahkan suatu hal yang berlebihan madrasah telah menjadi salah satu wujud entitas budaya Indonesia yang dengan sendirinya menjalani proses sosialisasi yang relative intensif. Indikasinya adalah kenyataan bahwa wujud entitas budaya ini telah diakui dan diterima kehadirannya ditengah masyarakat, bahkan disaat perubahan masyarakat yang semakin mengglobal.secara berangsur tetapi pasti, madrasah telah memasuki arus utama pembangunan bangsa menjelang akhir abad ke-20 ini.

Sedang dalam pengertian yang luas, Madrasah mengandung arti tempat atau wahana yang diperuntukkan sebagai proses pembelajaran yang integral dalam sistim Pendidikan Nasional. Madrasah sebagai sekolah berciri khas keagamaan (Islam) diartikan sebagai keseluruhan kegiatan pendidikan yang keberadaan dan historisnya memiliki ciri dan karakter yang diwarnai oleh nilai-nilai ke-Islaman. Kekhasan tersebut menjadikan pengelolaan Madrasah harus dapat memberikan landasan Islam yang kokoh agar peserta didik memiliki kepribadian yang kuat yang dilandasi oleh nilai-nilai keislaman bagi perkembangan kehidupannya serta menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang berani bersaing dalam menghadapi era global.

Sejalan ddengan era reformasi yang melahirkan paradigm baru dalam sistim pendidikan nasional Madrasah semakin ditantang untuk mampu mempertahankan keberadaan dan perjalananpengabdiannya bagi bangsa Indonesia. Dan kehadiran MTsN Yogyakarta II menjadi Duta Kementerian Agama yang harus terus menerus melakukan pembenahan agar lebih mampu memainkan fungsi dan perannya dalam mewujudkan tujuan pendidikan Nasional.

Saat ini MTsN Yogyakarta II semakin menunjukkan keberadaan dengan berbagai prestasi akademik dan non akademik yang diraih. Serta lebih utama adalah pengakuan dari masyarakat yang dibuktikan dengan animo masyarakat yang mempercayakan pendidikan putra putrinya kepada MTsN Yogyakarta II. Sebuah Madrasah yang kemudian oleh kreatifitas peserta didiksebagai apresiasi kebanggaan rasa memiliki menyingkat MTsN Yogyakarta II dengan MASDA JOGJA.

SEJARAH BERDIRI

Keberadaan Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta II sekarang ini dari dari sejarah lembaga Pendidikan Agama Islam yang didirikan oleh Departemen Agama pada tahun 1951 yakni PGA Negeri 6 Tahun. Pendidikan Guru Agama (Islam) yang merupakan lembaga Pendidikan Islam dalam rangka menyiapkan kebutuhan tenaga Guru Agama untuk Madrasah. Setelah kebutuhan tersebut tercukupi sementara lembaga pendidikan Islam semakin diperlukan dan berkembang mulai tahun 1978 perjalanan PGA beralih menjadi lembaga pendidikan Islam yang dikenal dengan Madrasah.

Peralihan PGA tersebut berdasar pada keputusan Menteri Agama No. 16 Tahun 1978, karena PGA tersebut masa belajar siswa selama 6 tahun, maka peralihannya terbagi dalam 2 jenjang yakni Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Bagi siswa kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 menjadi siswa Madrasah Tsanawiyah dan bagi siswa kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 menjadi siswa Madrasah Aliyah.

Pengukuhan peralihan tersebut dipertegas dengan terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri dalam Negeri, dan Menteri Agama. Pada tanggal 2 Juni 1978 MTsN Yogyakarta II dan MAN Yogyakarta II ditetapkan sebagai lembaga Pendidikan Islam penerus PGAN Putri 6 tahun. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran keduanya pada awalnya berlangsung digedung lama di Jl. Ahmad Dahlan 130 Yogyakarta. Namun sejak tahun 1984 MTsN Yogyakarta II mulai menempati gedung baru di Kampung Mendungan, Kelurahan giwangan, Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta dan satu kampus dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yogyakarta II.

Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan sarana prasarana yang diperlukan maka mulai tahun 1994 didirikan gedung baru yang berjarak + 500 m dan masih dalam satu wilayah. Dengan berbagai pertimbangan gedung baru tersebut dipergunakan untuk kegiatan pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah (MI). sehingga sampai saat ini lokasi MTsN Yogyakarta II tetap berada di Mendungan Giwangan Umbulharjo UH VII/566 Yogyakarta Kode Pos 55163.

Perjalanan dan keberadaan MTsN Yogyakarta II dalam melaksanakan pengabdian dibidang pendidikan telah mengalami pergantian kepemimpinan, yang secara berurutan yaitu:

 Kepala Madrasah Pertama, Iskandar, Periode kepemimpinan tahun 1978 sampai dengan 1986
Kepala Madrasah Kedua R. Soewignjo, B.A Periode kepemimpinan tahun 1986 sampai dengan 1990
Kepala Madrasah Ketiga Drs. Marlan Periode kepemimpinan tahun 1990 sampai dengan 1992
Kepala Madrasah Keempat Drs. Yuwono Ts Periode kepemimpinan tahun 1992 sampai dengan 1996
Kepala Madrasah Kelima Drs. MudzakirPeriode kepemimpinan tahun 1996 sampai dengan 1998
Kepala Madrasah Keenam Drs. Sya’bani Periode kepemimpinan tahun 1998 sampai dengan 2001
Kepala Madrasah Ketujuh Drs. Sudiyo Periode kepemimpinan tahun 2001 sampai dengan 2004
Kepala Madrasah Kedelapan Drs. Dra. Hj. Rostimar, M.Ag Periode kepemimpinan tahun 2004 sampai dengan 2007
Kepala Madrasah Kesembilan Drs. H. In Amullah, M.A. Periode kepemimpinan tahun 2007 sampai dengan 2009
Kepala Madrasah Kesepuluh  Drs. Daryono, M.Pd Periode kepemimpinan tahun 2009 sampai dengan 2013
Kepala Madrasah Kesebelas Drs. Djumadi Periode kepemimpinan tahun 2013 sampai dengan saat ini

 

Kejuaraan yang pernah diraih oleh MTsN Yogyakarta 2 II adalah

Yogyakarta, 23 Februari 2014 siswa-siswi MTs Negeri Yogyakarta II yang tergabung dalam anggota Palang Merah Remaja (PMR) kembali mengukir prestasi. Tim tersebut mampu meraih Juara II dalam Lomba Palang Merah Remaja Tingkat Provinsi D.I. Yogyakarta yang diselenggarakan oleh SMK Negeri 2 Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan STEMBAYO.  Ajang lomba PMR yang diikuti oleh siswa-siswi SMP/MTs propinsi D.I. Yogyakarta memperebutkan Thropy Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bupati Kabupaten Sleman.

Dilain kesempatan siswa-siswi MTs Negeri Yogyakarta II yang tergabung dalam Peleton Inti juga berhasil melengkapi prestasinya. Anggota Peleton Inti MTs Negeri Yogyakarta II berhasil meraih Juara III dalam ajang lomba PLATINUM yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 8 Yogyakarta. Lomba yang diselenggarakan di halaman Balai Kota Yogyakarta memperebutkan Thropy Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Thropy dari Walikota Yogyakarta.

Dengan keberhasilan para siswa-siswi MTs Negeri Yogyakarta II dalam meraih prestasi mampu menunjukkan eksistensi madrasah di masyarakat, sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan yang sederajat. Keberhasilan itu menunjukkan bahwa MTs Negeri Yogyakarta II bukan hanya berhasil meraih prestasi dalam bidang akademik tetapi juga berhasil mengukir prestasi dalam bidang non akademik yang berkaitan dengan keterampilan dan kecakapan. http://www.mtsn2yogya.com/index.php/prestasi/107-pmr-dan-tonti-mtsn-yogyakarta-ii-meraih-prestasi

Muhammad Fauzan, Fatira Hilma Zaida, dan Rio kusuma Afiat adalah siswa siswi MTS Negeri Yogyakarta II yang meraih juara dalam acara Puspanegara Anak Sholeh Competition (PASCO) tahun 2013 yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 5 Yogyakarta. Ketiga siswa tersebut, Muhammad Fauzan meraih juara II lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Fatira Hilma Zaida meraih juara III lomba kaligrafi dan Rio Kusuma Afiat meraih juara II lomba adzan. Acara ini digelar dalam rangka bina anak sholeh tingkat SMP/MTS seluruh Propinsi D.I. Yogyakarta. Acara yang berlangsung pada tanggal 20 Oktober 2013 ini membuka tujuh kategori lomba, yaitu kaligrafi, adzan, MSQ, MHQ, MTQ, cerdas cermat agama, dan pildacil. Hadiah utama dalam lomba ini memperebutkan Trophy Gubernur, Trophy Walikota, dan Trophy Dinas Pendidikan. http://www.mtsn2yogya.com/index.php/prestasi/103-siswa-mts-negeri-yogyakarta-ii-raih-juara-dalam-pasco-2013

Video dari Youtobe

Observasi MTsN Yogyakarta II – YouTube

https://www.youtube.com/watch?v=mp7C4NNOzz0

1 Okt 2015 – Diunggah oleh Ayunurita Safitri

Observasi MTsN Yogyakarta II … LOMBA BARIS BERBARIS DIY XXXVII TAHUN 2014 DI MANDALA …

Manasik Haji MTsN Yogyakarta II – YouTube

https://www.youtube.com/watch?v=G4_XULSCqWw

24 Agt 2015 – Diunggah oleh MTs N Yogyakarta II Aulia Akbar

Seluruh siswa-siswi kelas 8 MTsN Yogyakarta II TP 2014/2015melaksanakan kegiatan manasik haji …

MTs N Yogyakarta II Aulia Akbar – YouTube

https://www.youtube.com/channel/UCF4CEBT7kSQf1qPzAcPewkA

Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMP/MTs Mapel  SMP MTs dan Bahasa Daerah (Jawa). Privat Bahasa Jawa Jogja, Guru Privat Bahasa Jawa, Belajar Privat Bahasa Jawa, Tempat Privat Bahasa Jawa, Guru Belajar Privat Jawa, Tempat Les Bahasa Jawa, Lokasi Privat Bahasa Jawa, Belajar Bahasa Jawa Privat, Privat Bahasa Daerah

Penelitiaan di MTsN Yogyakarta II 2 adalah

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG GURU BAHASA ARAB YANG BAIK DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTsN YOGYAKARTA II

KUNTI MUSTIKA SARI, NIM 11420089 (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG GURU BAHASA ARAB YANG BAIK DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTsN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. http://digilib.uin-suka.ac.id/16683/

PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE MTsN YOGYAKARTA II

MIRANI YUNIKA WATI, NIM. 06470006 (2012) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE MTsN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. http://digilib.uin-suka.ac.id/10135/

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PEMBELAJARAN TEKS RECOUNT DI MTsN II YOGYAKARTA

Muhammad Ahmad Jumasa, Herman Dwi Surjono http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/8287

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Teks Recount di MTsN II Yogyakarta

Jumasa, Muhammad jumasa (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Teks Recount di MTsN II Yogyakarta. S2 thesis, UNY. http://eprints.uny.ac.id/18773/

IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DI MTs NEGERI 2 KOTA YOGYAKARTA, Oleh: Lia Yuliana, S.Pd, M.Pd    Staff Pengajar FIP UNY, http://menulisbersamaaswir.blogspot.co.id/2015/09/implementasi-manajemen-mutu-terpadu-di.html

ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA I

Penelitian ini berlujuan untuk (1) Mengetahui pelaksaan penilaian berbasis kelas di MTsN Yogyakarta (2) Untuk mengelahui kesesuaian pelaksanaan penilaian berbasis kelas dengan kurikulum berbasis kompetensi. (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat pelaksanaan penilaian dst di http://onesearch.id/Record/IOS2755-oai:digilib.uin-suka.ac.id:18386

Sumber dari

http://www.mtsn2yogya.com/

http://mtsnjogya2.blogspot.co.id/

https://www.facebook.com/pages/Mtsn-Yogyakarta-2/118949808135657

http://album.mtsn2yogya.com

Dikirim oleh MTsN Yogyakarta II pada Rabu, 11 Maret 2015

https://id.foursquare.com/v/mtsn-yogyakarta-2/4e7fbc876d86eeac7e2fe1f1

MTsN 2 Jogja, MTsN 2 Yogyakarta, MTsN II Jogja, Profil MTsN 2 Jogja, PPDB MTsN 2 Jogja, Privat SMP, Privat MTs, Les Privat SMP Jogja, Guru Privat SMP Jogja, Tempat Privat SMP Jogja, Privat Kelompok Jogja

Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) CALISTUNG untuk PAUD, TK, SD Kelas 1,  Materinya adalah Dasar-dasar Membaca, Cara Membaca, Menulis Huruf, dan Berhitung. Les Privat (Belajar Mandiri) UM PNS ujian masuk CPNS ujian pengawai negeri. Materi kemampuan dasar, pengetahuan umum.