0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum dan Perpustakaan Peta. Alamat Museum Peta : Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Jl. Kaliurang, Bulaksumur, Yogyakarta. Telepon: +62 274 6492340, Fax : +62 274 589595. Museum dan Perpustakaan Peta Fakultas Geografi UGM didirikan sebagai sal ah satu usaha untuk meningkatkan pemahaman terhadap arti pentingnya peta. Museum dan PerpustakaanPeta ini berdiri atas prakarsa Prof. Dr. Suratman Worosuprojo, m.Sc., Drs. Sukwardjono. M.S. Diresmikan tanggal 31 Oktober 2008 oleh Duta Besar India HE Mr Biren, Rektor UGM Prof. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D. dan Dekan Fakultas Geografi Prof. Dr. Suratman Worosuprojo, M.Sc. Didalam museum pengunjung dapat belajar tentang banyak hal yang berkai tan erat dengan peta.

https://www.youtube.com/watch?v=K3PnbcFiszE

Museum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan dan pelatihan, pemesanan berbagai alat peraga pendidikan ilmu kebumian, dan pengenalan teknologi informasi. Ilmu ini telah dikenal sejak 7 abad sebelum masehi. Seiring dengan perkembangan teknologi, berkembang pula ilmu kartografi yang antara lain ditandai oleh perubahan dalam proses penyusunan, penggunaan, dan disseminasi peta. Perkembangan ilmu kartografi dari konvensional hingga digital merupakan suatu sejarah yang perlu didokumentasikan untuk dipelajari dan dipahami. Pemahaman tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang arti pentingnya peta dalam berbagai aspek kehidupan.

museum-dan-perpustakaan-peta1

museum-dan-perpustakaan-peta1

Meski dibuat secara konvensional, namun peta-peta tua itu tak kalah berkualitas dengan peta jaman sekarang yang dibuat secara digital. ”Sebagian peta yang ada di sini peninggalan Belanda,” kata Untari, petugas Laboratorium Desain Konstruksi dan Analisa Peta.
Sebagian besar mesin yang ada di museum juga masih bisa digunakan. Hanya saja untuk kondisi sekarang memang kurang efisien. Produksi terakhir dilakukan sekitar tahun 1993 untuk mencetak peta kampus.
Dijelaskan Untari, sebelum komputer menjamur, proses reproduksi peta sangat rumit. Untuk mengubah skala peta misalnya, digunakan mesin map o graph buatan 1979 yang ukurannya cukup besar. Tidak seperti sekarang tinggal klik komputer skala bisa diubah dengan cepat dan akurat.
Ada 13 koleksi alat reproduksi peta yang tersimpan di museum itu. Antara lain pantograph yang berfungsi mengubah skala secara mekanik, meja potong film, enlarger untuk afdruk fotografi, pototypesetter untuk membuat teks secara fotografi.
Tak hanya itu, Museum Peta juga memiliki koleksi alat-alat ukur survei pemetaan sebanyak 15 unit. Antara lain theodolith (pengadaan tahun 1970-1997) yang berfungsi mengukur sudut, jarak dan beda tinggi. Ada pula kompas surveying (pengadaan 1970), plantimer (1970) yang digunakan untuk mengukur luas dll.
Museum juga dilengkapi dengan ruang copy film yang dulu digunakan untuk mencetak peta sebelum ada teknologi printing. ”Dulu mencetak peta prosesnya hampir sama dengan afdruk foto,” ujar Untari.

Suratman mengatakan tujuan didirikannya musium dan perpustakaan peta ini untuk memberikan gambaran kepada pengunjung tentang sejarah perkembangan peta dan proses pemetaan. Selain itu, juga menyediakan wadah pembelajaran kepada mahasiswa dan masyarakat luas tentang proses penyusunan peta dan manfaatnya untuk berbagai bidang kegiatan.

Sementara, Sekjen Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMGI), Mashudi Majeri, kepada wartawan mengatakan, peresmian musium peta ini sebagai cikal bakal adanya musium peta di Yogyakarta sebagai salah satu bentuk kontribusi yang diberikan oleh IMGI dalam membantu meningkatan pengetahuan di bidang geografi.

Alamat Museum Peta : Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Jl. Kaliurang, Bulaksumur, Yogyakarta. Telepon: +62 274 6492340, Fax : +62 274 589595.

Sumber dari

https://ugm.ac.id/id/berita/497-dubes.india.resmikan.musium.dan.perpustakaan.peta.pertama.di.yogyakarta

SATU-SATUNYA DI INDONESIA ; Museum Peta UGM, Koleksi Tertua 1810

http://www.jogjainfo.net/2008/10/jogja-miliki-perpustakaan-museum-peta.html

http://museumjogja.org/id/content/49-museum-dan-perpustakaan-peta

Museum Peta Maps, Pendiri Peta Maps, Koleksi Museum Peta Maps, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) Komputer,  Les Privat (Belajar Mandiri) Internet. Internet Administrasi sekolah, Bidang internet marketing.