fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum Geoteknologi Mineral Ada Patung Patung Manusia Purba Homo Eerectus Soloensis. Museum ini mempunyai koleksi berbagai jenis mineral, batuan, fosil bahan galian (tambang), maket, dan gambar-gambar yang berhubungan dengan dasar-dasar ilmu kebumian, ilmu geologi, dan rekayasa ilmu kebumian dibidang teknik pertambangan , perminyakan, serta aplikasi ilmu geologi di bidang pertanian. Museum di kompleks Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta ini bertujuan melestarikan peninggalan-peninggalan berharga bagi kehidupan manusia dan menggunakannya sebagai media dan sarana untuk mencintai, mempelajari, serta mengembangkan ilmu pengetahuan.

KOLEKSI

Koleksi Museum Geoteknologi Mineral terdiri atas Tektit, Mineral, Batuan, Foto Sayatan Batuan, Batu Mulia, Bahan Galian, Monolit Tanah, Peta, Panel, Maket, Fosil, Patung, Lukisan, Artefak, CD Film, dan Foto.

Di bidang geologi, pengunjung dapat menyaksikan visualisasi sejarah terjadinya bumi, batuan dan mineral penyusunnya, fosil, dan berbagai jejak kehidupan jutaan tahun silam. Di samping itu terdapat maket dan gambar-gambar yang berkaitan dengan geologi. Bidang pertambangan menyajikan maket anjungan eksplorasi minyak bumi dan miniatur ring produksi minyak lepas pantai. Selain itu, disajikan juga beberapa contoh minyak mentah maupun minyak olahan. Di bidang pertanian, pengunjung disuguhi berbagai monol i t tanah hasi l pel apukan dari bebatuan dasarnya.

Museum Geoteknologi Mineral memiliki dua ruang pamer. Ruang Pamer I berisi koleksi fosil, berbagai jenis batuan, dan mineral. Museum Geoteknologi Mineral menyimpan 379 fosil berasal dari berbagai negara dan 218 jenis batuan. Ruang Pamer II berisi maket-maket rekayasa teknologi kebumian.

Di dalam Museum Geoteknologi Mineral, juga terdapat patung-patung manusia purba: Homo Erectus Soloensis, Homoerectus Australopithecus Robustus, dan Homo Habilis. Disamping patung, terdapat replica fosil manusia purba Homo Sapiens, Homo Soloensis, Homo Wajakensis, Homo Erectus Trinilensis, dan masih banyak lainnya. Pemandangan lain juga dapat disaksikan di ruang audio visual yaitu untuk menyaksikan jejak-jejak kebenaran adanya teori Darwin. Jejak jejak kehidupan purba disajikan dengan menarik. Di ruang ini diputarkan film yang berkaitan dengan ilmu kebumian dan rekayasa teknologi ilmu kebumian di bidang teknik pertambangan dan perminyakan. Selain itu di Museum ini juga terdapat jejak kehidupan binatang dan tumbuhan pada masa lampau seperti adanya fosil gajah purba, mastodon, dan stegodon. Koleksi tersebut menjadi koleksi yang semakin menarik perhatian.

Pemandangan lain dapat disaksikan di ruang audio visual. Anda ingat dengan teori evolusi Charles Darwin? Nah, di tempat ini Anda dapat menyaksikan kebenaran teori tersebut. Jejak-jejak kahidupan di zaman purba ditampilkan dengan menarik. Di ruang ini diputar film-film yang berkaitan dengan ilmu kebumian dan rekayasa teknologi ilmu kebumian di bidang teknik pertambangan dan teknik perminyakan.

Di Museum Geoteknologi Mineral, pengunjung bisa mel i hat patung-patung manusi a purba: Homo Eerectus Soloensis, Homo Erectus Australopithecus Robustus, dan Homo Habilis. Di samping patung, terdapat replika fosil manusia purba Homo Sapiens, Homo Soloensis, Homo Wajakensis, Homo Erectus Trinilensis, dan masih banyak fosil manusia purba lain yang bisa dijumpai.

Tak hanya menyusuri jejak-jejak kehidupan manusia, jejak kehidupan binatang dan tumbuhan pun dapat ditelusuri, salah satunya berupa fosil gajah purba, Mastodon dan Stegodon. Fosil ini menjadi salah satu koleksi yang paling menarik perhatian.

Museum buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB. Kunjungan pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur lainnya akan dilayani bila melakukan konfirmasi sebelumnya. Museum yang beralamat di Jalan Babarsari Nomor 2, Tambakbayan, Yogyakarta ini tidak memungut biaya untuk setiap kunjungan. Informasi lebih lengkap hubungi nomor telepon (0274) 486991

Sumber dari

http://www.anishidayah.com/2016/03/ada-batu-akik-di-museum-geoteknologi.html

http://jogjawisataeducation.blogspot.co.id/2012/01/museum-geoteknologi-mineral-upn-veteran.html

Museum Geoteknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta

http://visitingjogja.com/web/detail/item/wisata/museum-geoteknologi-upn.html#.V6FT1kBgZH0

http://museumjogja.org/id/content/34-museum-geoteknologi-mineral

Museum Geoteknologi Mineral, Pendiri Geoteknologi Mineral, Koleksi Museum Geoteknologi Mineral, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les  Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMA/MA/SMK Mapel  SMA MA SMK dan Bahasa Daeraj (Jawa) Les Privat (Belajar Mandiri) Bahasa Asing (Inggris, German, Mandarin). Privat Karyawan English Conversation, Mahasiswa Inggris persiapan kerja.