0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum Lukisan Keraton Ngayogyakarta Keraton Merupakan Pusat Kebudayaan Juga, sehingga memiliki koleksi beruapa hasil lukisan dari berbagai pelukis terkenal saat itu. Tujuannya untuk memberikan gambaran atau sosok secara visual beberapa Raja Kasultanan Yogyakarta. Karena pada awal berdirinya kerjaan teknologi foto digital seperti sekarang belum ada. Kraton Kasultanan Yogyakarta memiliki beberapa museum, salah satunya museum lukisan dan fotografi. Lokasinya menempati dua gedung (di Gedung Pringgodani) di Kasatriyan Kraton. Beragam lukisan serta foto ihwal Kraton Yogyakarta tersimpan di museum ini.

5-halaman-depan-museum-lukisan-keraton-jogja

5-halaman-depan-museum-lukisan-keraton-jogja

Gedung pertama berada di sebelah timur, sekira terdapat 11 lukisan dan 10 foto.

Di tempat ini disimpan karya Raden Saleh, berupa lukisan-lukisan raja:

  1. lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono IV sedang menaiki kuda putih (dilukis 1862),
  2. lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono VI berbusana sikepan,
  3. lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono VII semasa kanak-kanak.

Ruangan ini juga menyimpan lukisan karya Jayeng Asmara.

Pada bangunan kedua sebelah Selatan, dibagi 3 ruang.  Disimpan dan dipamerkan lukisan-lukisan hasil maestro pelukisan ternama dari Indonesia adalah

  1. Seniman Mardjono,
  2. Seniman Wignjo Soewarno,
  3. Seniman Soemarkoen,
  4. dan Seniman Atmo Soebroto.

Terdapat juga lukisan-lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono dan kerabat, Sri Susuhunan Paku Buwono VI-X dan kerabat, serta Patih Danurejo IV-VIII.

Museum Koleksi Foto atau Fotografi Keraton Ngayogyakarta di Gedung Pringgodani

Keraton Yogyakarta juga memiliki koleksi berupa foto silsilah Kasultanan Ngayojakarta yang disimpan dan diletakan di Gedung Pringgodani. Koleksi ini bersifat khusus karena merupakan foto dari keluarga kerabat keraton Jogja.

Di samping itu juga ada foto-foto hasil karya dari kerabatan yang dikoleksi di museum ini. Foto jaman dulu memang belum dikenal secara luas oleh masyarakat Jogja, namun bagi kerabat keraton teknologi foto telah dikenal dari bangsa Belanda.

Koleksi foto ini tidak bisa difoto oleh pengunjung, sehingga jarang sekali ada yang memiliki datanya. Koleksi berupa foto silsilah Kasultanan Ngayojakarta yang disimpan dan diletakan di Gedung Pringgodani bersama dengan koleksi berupa lukisan.

Koleksi foto museum keraton, kebanyakan memotret tentang upacara dan kerabat kraton serta budaya tarian. Misalnya Upacara Grebeg, Upacara Labuhan

Beberapa foto keluarga kraton yang tersimpan dalam bangunan ini di antaranya

  1. Sri Sultan Hamengku Buwono X,
  2. GKR Hemas,
  3. GKR Pembayun,
  4. GRAy Suryokusumo,
  5. GRAj Noerkamnari Dewi,
  6. GRAj Noerabra Juwita,
  7. GRAj Noerastuti Wijareni.

Sumber: Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

http://www.penebar.com/2012/02/museum-lukisan-dan-fotografi-kraton.html

http://www.pakettourjogja.com/tag/kraton-kasultanan-yogyakarta-hadiningrat

http://www.kebudayaanindonesia.com/2014/12/wisata-kaya-sejarah-dan-budaya-di-kota.html

Museum Lukisan Keraton Ngayogyakarta, Pendiri Lukisan Keraton Ngayogyakarta, Koleksi Museum Lukisan Keraton Ngayogyakarta, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) CALISTUNG untuk PAUD, TK, SD Kelas 1,  Materinya adalah Dasar-dasar Membaca, Cara Membaca, Menulis Huruf, dan Berhitung. Les Privat (Belajar Mandiri) UM PNS ujian masuk CPNS ujian pengawai negeri. Materi kemampuan dasar, pengetahuan umum