fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum UII di Candi Kimpulan

https://www.youtube.com/watch?v=mJu33PhegR0

Candi Kimpulan (juga dikenal sebagai candi Pustakasala) adalah sebuah peninggalan purbakala di lokasi kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Dusun Kimpulan, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Lokasi tersebut berada di Jalan Kaliurang km 14,5.

Peresmian Candi Kimpulan dan Perpustakaan Pusat dan Museum UII ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik yang disaksikan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Edy Suwandi dan Ketua Badan Wakaf UII Lutfi Hasan. Bapak Jero Wacik mengatakan bahwa penandatanganan prasasti ini merupakan tanda tangan terakhir beliau selama menjabat sebagai Menbudpar pada KBI jilid 2 ini. Karena menurut beliau, selanjutnya Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata akan berubah menjadi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementrian Pariwisara dan Industri Kreatif.

Museum candi-kimpulan-uii Yogyakarta

Museum candi-kimpulan-uii Yogyakarta

Museum candi-kimpulan-uii Yogyakarta

Museum candi-kimpulan-uii Yogyakarta

Museum candi-kimpulan-uii Yogyakarta

Museum candi-kimpulan-uii Yogyakarta

Usai menandatangi prasasti, Bapak Jero Wacik, Ibu Mutia Hatta, beserta tamu undangan dan jajaran petinggi UII mengelilingi gedung Moh.Hatta Perpustakaan dan Museum UII, dan meninjau langsung Candi Kimpulan. Sambutan hangat dipersiapkan khusus oleh pihak UII dengan menampilkan tarian tradisional lengkap dengan penabuh gendang, dan pertunjungan parodi yang seluruh pemainnya adalah perempuan

Rencananya, pada bulan Februari setelah usai UAS akan diselenggarakan kunjungan terbuka untuk museum UII dan Candi Kimpulan. Dengan persyaratan, mahasiswa yang mengunjungi harus membawa kartu mahasiswa UII dengan kuota rombongan berkisar 10 hingga 30 orang. Kunjungan terbuka ini merupakan sebuah uji coba dari pihak Direktorat Perpustakaan. Apabila animo pengunjung memang tinggi, maka pembukaan kunjungan museum akan dilanjutkan.

Menurut Suwarsono selaku Ketua II Pengembangan dan Usaha Badan Wakaf yang juga sebagai pengelola museum UII, tujuan berdirinya museum UII ialah sebagai sarana mengingatkan kepada khalayak UII akan tujuan yang diinginkan oleh pendiri UII. Museum UII merupakan tempat untuk mempertunjukkan bagaimana sejarah perjalanan UII dari awal berdiri hingga sekarang. Karena di dalam museum terdapat berbagai benda bersejarah, seperti kursi, meja, mesin ketik hingga surat sertifikat. Selain itu juga terdapat informasi seputar sejarah UII dan pendirinya.

Beberapa mahasiswa mengaku belum mengetahui tentang museum UII, mereka mengira bahwa museum UII itu adalah Candi Kimpulan. Salah satunya Sumi Vidati mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2009, ia menyarankan sebaiknya museum dibuka untuk umum. “Mungkin banyak mahasiswa yang belum pernah masuk ke museum. Sebaiknya disediakan jadwal tersendiri untuk kunjungan museum. Misal hari sabtu untuk kunjungan umum, hari lain untuk mahasiswa UII,” tukas Sumi Vidati. Pendapat berbeda diutarakan Qoyimudin. “Ke depannya museum dibuka setidaknya seperti perpustakaan namun dengan jam yang lebih terbatas”, tutur Qoyimudin, mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam angkatan 2010. Ia juga menilai, selama ini pihak perpustakaan kurang mensosialisasikan keberadaan museum kepada mahasiswa. Sehingga, banyak mahasiswa yang tidak tahu bahwa ada museum UII di lantai basement perpustakaan pusat UII.

Sumber dari

http://www.uii.ac.id/content/view/1609/257/

https://id.wikipedia.org/wiki/Kimpulan

http://kanvas-angan.blogspot.co.id/2011/10/peresmian-candi-kimpulan-perpustakaan.html

http://lpmhimmahuii.org/2013/02/museum-uii-belum-dibuka-untuk-umum/

Museum Candi Kimpulan, Pendiri Candi Kimpulan, Koleksi Museum Candi Kimpulan, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Bahasa Indonesia untuk Orang Asing.   Privat bagi mahasiswa yang sibuk, Privat Matematika Mahasiswa, Privat Statistik Matematika.  Les privat (Belajar Mandiri) Baca Al Quran, focus untuk baca Al Quran bagi Anak, Baca Al Quran bagi Remaja, dan Prvat Baca Al Quran bagi Dewasa.