0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Tes Kemampuan Dasar (TKD) untuk pelamar CPNS yang ingin lulus CPNS 2019 mendatang, akan menggunakan sistem tes berbasis komputer atau computer assisted test. Sistem ini biasa kita sebut sebagai sistem CAT. Untuk lulus CAT tersebut, kamu perlu mencapai ambang batas nilai yang ditetapkan oleh pemerintah.

Perlu kamu ketahui, di dalam Tes Kemampuan Dasar (TKD) terdapat tiga macam bagian tes yang penting dan harus kamu pelajari. Tiga bagian tes tersebut adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Kepribadian (TKP) dengan nilai ambang yang berbeda-beda dan jumlah soal yang berbeda juga.

Pahami Jenis Soal TKD atau TIU Ujian CPNS
Pahami Jenis Soal TKD atau TIU Ujian CPNS

Salah satu soal yang membutuhkan pikiran lebih dan waktu yang lama adalah soal Tes Intelegensi Umum (TIU). Banyak soal yang menjebak di dalamnya agar pelamar banyak yang kehilangan waktu pada tes ini. Oleh karena itu, berikut kita kupas secara lebih dalam mengenai apa itu soal TKD atau TIU, serta bagaimana penilainnya sebagai bahan persiapan kamu.

Mengenal Soal TKD atau TIU

Soal TKD atau TIU merupakan salah satu soal yang digunakan untuk menguji pengetahuan umum, intelejensi dasar, dan logika berpikir. Selain itu, juga kemampuan berhitung secara sederhana yang nantinya akan kamu gunakan, ketika bekerja dalam mengambil sebuah keputusan. Di dalam tes ini, biasanya kamu akan bertemu soal-soal mengenai sinonim dan antonim atau yang sering disebut dengan kemampuan verbal. Hal ini bisa kamu temukan saat mengikuti bimbel privat CPNS.

Selain itu, di dalam soal TIU ini biasanya kamu juga akan bertemu soal-soal, seperti matematika dasar yang menggunakan angka-angka dan perhitungan yang cukup sederhana, dan soal deret angka yang memiliki pola tertentu. Soal-soal seperti ini biasanya dikenal dengan kemampuan numeral. Setelah itu, biasanya kamu akan bertemu soal-soal bertipe gambar.

Biasanya gambar-gambar tersebut memiliki pola-pola tertentu yang harus kamu pahami dengan baik. Soal ini biasanya dikenal dengan kemampuan figural. Hal yang terakhir, kamu harus menguasai soal-soal penalaran biasanya tidak jauh berbeda dengan soal silogisme dasar. Soal seperti ini dianggap sebagai kemampuan penalaran. Soal-soal ini dapat kamu pelajari lebih lanjut lewat privat CPNS.

Penilaian Soal TKD atau TIU

Bagi kamu yang mengikuti Bimbel CAT CPNS, tentunya sudah sangat memahami bagaimana penilaian soal-soal TKD atau TIU. Soal intelegensia umum merupakan salah satu bagian tes CPNS yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Dari 30 soal tersebut, kamu akan mendapatkan skor lima jika menjawab pertanyaan pada satu nomor soal secara benar.

Sedangkan kamu akan mendapatkan nilai nol, jika menjawab pertanyaan pada satu nomor soal secara salah. Jadi, di dalam penilaian intelegensia umum ini tidak terdapat sistem pengurangan nilai. Jika kamu berhasil menjawab semua pertanyaan, maka nilai maksimal kamu adalah 150. Sedangkan untuk skor minimal lolos CPNS, kamu harus mendapatkan nilai TIU minimal 80. Jika kamu tertarik menggunakan jasa bimbel untuk belajar, kamu bisa percayakan kepada kami. Karena kami merupakan jasa bimbel CPNS yang sudah terpercaya dan profesional. Apabila  kamu membutuhkan jasa bimbel agar Lulus CPNS silakan menghubungi kami.