0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Pendidikan itu universal dan global sifatnya, namun ada hal yang patut diperhatikan dalam mengisi kekosongan dalam materi pelajaran sekolah universal da global. Apa itu? Yaitu Nilai kebudayaan dan kearifan lokal di setiap daerah dan negara.

Semua dan apa-apa distandarkan ke global, termasuk pendidikan. Standar pendidikan global yang hanya menekankan pada aspek intelektual, individualisme dan material. Konsekuensinya, pendidikan tidak mampu menunjukkan kekhasan masing-masing bangsa dan negara. Kalau sudah begitu nanti dunia ini tidak mempunyai kekayaan anekaragaman budaya, hanya satu budaya saja.

Pendidikan universal juga, hanya mengakomodir nilai global saja maka ketika hasil pendidikan kembali ke masyarakat tidak bisa menyelesaikan masalah yang ada. Masalah yang ada di masyarakat terasa asing bagi dia karena pola pikir sudah standar global. Dari kenyataan itu pendidikan global juga harus dapat merengkuh dan mengakomodir budaya lokal dan nilai kearifan lokal.

Bangsa Indonesia adalah negara besar yang tentu saja banyak memiliki budaya dan nilai kearifan lokal yang telah tumbuh dan berakar di masyarakatnya. Sekarang jumlah lembaga pendidikan, sekolah SD, SMP dan SMA serta PT telah banyak berdiri dan tersebar di seluruh wilayah. Namun lembaga pendidikan ini apa sudah bisa menanamkan nilai kearifan lokalnya?

Belum terbukti baik karena kecederungan di daerah masih terjadi banyak konflik yang belum terselesaikan. Usah tetap terus dilakukan karena dari konflik ini akan merugikan semua pihak. Proses pendidikan akan terganggu, anak-anak sekolah menjadi tidak tenang. Roda perekonomian menjadi mandeg dan kemiskinan akan bertambah.

Ada baiknya di daerah diadakan semacam pelatihan atau diklat bagi pihak yang berkepentingan.  Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru, bidang Media Pengajaran Berbasis Multimedia, Diklat Guru bidang Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah, Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Pemetaan dan Pendataan Pendidikan dan Sekolah berbasis Digitalmap Geografi,  Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Penelitian, Olah dan Analisis data Ilmiah untuk Penulisan Karya Ilmiah Pendidikan, Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Internet pendidikan dan Membangun Webblog dan Websites Sekolah dan Pendidikan, Diklat dan pelatihan komputer untuk  TU dan administrasi sekolah.

Pelatihan dan diklat ini bisa untuk badan atau lembaga pemerintah dan pendidikan. Pelatihan ini juga dapat kerjasama dengan perusahaan dengan bisaya dari CSR.  Dalam pelatihan atau diklat dengan tema atau bidang Media Pengajaran Berbasis Multimedia, Diklat Guru bidang Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah, Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Pemetaan dan Pendataan Pendidikan dan Sekolah berbasis Digitalmap Geografi,  Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Penelitian, Olah dan Analisis data Ilmiah untuk Penulisan Karya Ilmiah Pendidikan, Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Internet pendidikan dan Membangun Webblog dan Websites Sekolah dan Pendidikan, Diklat dan pelatihan komputer untuk  TU dan administrasi sekolah. Privat Komputer, Kursus komputer, privat komputer kantor, privat komputer administrasi