fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Pengertian Instruktur  adalah instruktur/in·struk·tur/ n orang yang bertugas mengajarkan sesuatu dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingannya; pengajar; pelatih; pengasuh: seorang guru sangat diperlukan untuk menjadi — di pusat pendidikan pertukangan itu

http://kbbi.web.id/instruktur

Untuk menjadi seorang instruktur yang akan melatih atau mengajar pada Pelatihan Berbasis Kompetensi harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain : Memiliki kompetensi metodologi dan kompetensi teknis dan Mendapat penugasan dari Kepala Lembaga Pelatihan melalui surat penugasan.

Instruktur yang melatih pada pelatihan berbasis kompetensi dapat terdiri dari instruktur, PSM, tenaga ahli, atau istilah lain yang setara dengan itu. Lembaga pelatihan dapat mendatangkan/ memanfaatkan tenaga pelatih/instruktur yang berasal dari luar seperti industri/perusahaan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan dan persyaratan sebagaimana disebutkan diatas.

Tugas tenaga pelatih/instruktur dalam pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi :

  1. Membantu peserta pelatihan dalam merencanakan proses pelatihan.
  2. Membimbing peserta melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam pelatihan.
  3. Membantu untuk memahami konsep dan menjawab pertanyaan peserta pelatihan.
  4. Membantu mencari sumber informasi tambahan yang diperlukan peserta pelatihan.
  5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
  6. Mendatangkan seorang ahli dari tempat kerja jika diperlukan.
  7. Menguji/mengamati dan mengumpulkan bukti-bukti serta membuat catatan-catatan kemajuan pelatihan untuk setiap peserta pelatihan.
  8. Mengevaluasi pencapaian kompetensi peserta per individu.

Peran tenaga pelatih/instruktur dalam pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi yaitu:

  1. Sebagai narasumber, mengusasi materi teori dan mampu mendemonstrasikan materi praktek.
  2. Sebagai fasilitator, mampu menjembatani antara peserta dan materi pelatihan.
  3. Sebagai pembimbing, mampu menolong peserta pelatihan mengembangkan rencana-rencana belajar individu atau kelompok, mendorong cara berfikir kritis dan kemampuan memecahkan persoalan, dan memotivasi peserta pelatihan secara perorangan.
  4. Sebagai penilai, membuat keputusan mengenai RCC/RPL, menilai capaian kompetensi perorangan menurut kriteria dan standar yang ditetapkan, serta mendokumentasikan hasil-hasil penilaian setiap peserta pelatihan
  5. Sebagai mechanism, lebih memfokuskan pada proses pelatihan dan mampu menggerakkan proses pelatihan.

Dalam proses pelatihan, tenaga pelatih/instruktur harus dapat mengkombinasikan peran-peran tersebut sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi. http://binalpksabang.blogspot.co.id/2014/10/tenaga-pelatih-instruktur-pelatihan.html

Seorang instruktur adalah orang yang bertugas mengajarkan sesuatu dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingannya; pengajar; pelatih; pengasuh:
Seorang guru sangat diperlukan untuk menjadi instruktur di pusat pendidikan pertukangan itu

Yang jade garis bawah adalah orang yang punya komptensi dalam bidang keinstrukturannya.

Cari Guru Bimbel Jenius di Jogja

Cari Guru Bimbel Jenius di Jogja

Belajar Jenius Ala Einstain3

Belajar Jenius Ala EinstainBelajar Jenius Ala Einstain33

Pengertian Instruktur, Pengertian Pelatih, Privat Jogja, Privat Bebas pilih waktu, Guru Prvat Jogja, Les Privat Jogja, Privat Guru Ke rumah Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) Komputer,  Les Privat (Belajar Mandiri) Internet. Internet Administrasi sekolah, Bidang internet marketing.