0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Pesantren juga wajib mengisi NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren) untuk membangun basis data yang kuat. Dunia maya sudah menjadi kebutuhan untuk meningkatkan kinerja pesantren. Maka  pemerintah dalam hal ini Depag, membuat kebijakan bahwa setiap lembaga pesantren untuk mengisi data. Pengisian data dilakukan secara online secara langsung. Tujuannya adalah supaya kalau ada perubahan data base cepat diupdate dan dikoreksi oleh lembaga.

Lembaga pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tertua di Indonesia dan sampai sekarang masih tetap eksis dan berkembang. Di samping itu lembaga pesantren juga membuka lembaga pendidikan modern. Madrasah di pondok pesantren sudah umum dan banyak masyarakat sudah percaya akan kualitasnya. Raudatul, Tsanawiyah, dan Aliyah, serta Perguruan Tinggi.

Kendala dalam pelaksanaan pengoperasionalan dan perawatan untuk IT adalah sebagai berikut:

  1. Tenaga ahli bidang IT dalam lembaga pendidikan atau pesantren yang bertugas mengelola IT.
  2. Prasarana yang memadadi atau layak untuk menempatkan peralatan IT.
  3. Perlengkapan pendukung untuk mendukung kerja IT belum ada, misal karena suhu di kawasan Indonesia panas, butuh AC pendingin.
  4. SDM yang menggunakan atau memanfaatkan IT, perlu pelatihan dan training lebih lanjut.

Dalam banyak hal termasuk pekerjaan admnistrasi sekolah dan kantor dapat dilakukan dengan bantuan internet dan komputer. Privat Internet Kantor, Privat Internet Marketing, Privat Buat Blog Bisnis, Belajar Blog BIsnis.