0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Beberapa tahun terakhir banyak sekolah yang telah menjalin kerjasama dengan sekolah dan lembaga pendidikan di luar negeri. Program sekolah mitra bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan saling tukar keterampilan dalam pembelajaran. Dengan adanya sekolah mitra dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan memperkenalkan budaya dan sistem pendidikan masing-masing negara. Diharapkan guru dari sekolah yang akan mengadakan kerjasama sudah mampu memanfaatkan teknologi pendidikan.  Setelah guru mengikuti pelatihan internet pendidikan, pelatihan media pengajaran, sekolah siap menjalin kerjasama dengan sekolah mitra dari luar negeri.

Aktivitas yang dilakukan dalam sekolah mitra menjadi ajang saling menghormati dan kerjasama dengan dan antar sekolah dan negara. Seperti yang telah dilalukan di SMPN 1 Karangmojo, Gunung Kidul  dengan menjalin sekolah mitra dengan Heathmont College Victoria, Australia. Kedua lembaga pendidikan saling mengadakan pembelajaran bersama.

Menurut kepala SMPN 1 Karangmojo, Agus Suryono, M.Pd kerjasama ini akan dilanjutkan untuk tahun depan. Kerjasama akan berlanjut dengan melakukan kunjungan balasan ke Australia.  Pihak lain menyarankan untuk mengadakan pelatihan internet pendidikan, pelatihan media pengajaran u ntuk guru sebagai persiapan kemampuan dan kompetensi guru saat kerjasama berlangsung.

Pihak SMPN 1 Karangmojo, mengajarkan bidang kesenian dan bidang oleh raga kepada guru Heathmont College Victoria, Australia sebagai berikut:

  1. Gamelan,
  2. Macapat,
  3. Lagu dolanan anak
  4. Dansa Jogja Istimewa

 

Sedangkan pihak Heathmont College Victoria, Australia, mengajarkan bidang kesenian dan bidang oleh raga kepada guru SMPN 1 Karangmojo, sebagai berikut:

  1. Netball,
  2. Fooball,
  3. Permainan tradisional Australia.

Guru dan siswa yang hadir daari Heathmont College Victoria, Australia adalah, Preme, Jeanete, Agi, sedangka siswanya adalah Katheryn dan Natasa.

Dalam menjalin kerjasama dengan sekolah mitra perlu persiapan dalam bidang ITC  dengan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru, bidang Media Pengajaran Berbasis Multimedia, Diklat Guru bidang Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah, Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Pemetaan dan Pendataan Pendidikan dan Sekolah berbasis Digitalmap Geografi,  Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Penelitian, Olah dan Analisis data Ilmiah untuk Penulisan Karya Ilmiah Pendidikan, Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Internet pendidikan dan Membangun Webblog dan Websites Sekolah dan Pendidikan.  Dengan pelatihan tersebut dalam kerjasama berjalan lancar, sehingga guru antar dua sekolah dapat berkomunikasi dengan baik tanpa ada kendala jarak. Program Kemitraan antar Sekolah dan Lembaga Pendidikan Internasional, Bagaimana kesiapan guru kesiapan internetnya Privat internet sekolah, privat jaringan Internet sekolah, Privat Internet Kantor, Privat Internet Marketing, Privat Buat Blog Bisnis, Belajar Blog Bisnis.