0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Privat SD Jogja, SD Muhammadiyah Pringgokusuman, Guru privat SD Jogja, Les Privat SD Jogja, Les Privat Jogja

SD Muhammadiyah Pringgokusuman

Alamat: Jl. Pringgokusuman Blok GT II / 406 No.28, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55272

Telepon: (0274) 580336

Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Visi SD Muhammadiyah Pringgokusuman

”TERCIPTANYA kader muhammadiyah yang unggul berlandaskan imtaq semangat amar ma’ruf nahi mungkar yang berlandaskan Al-Quran dan As-Sunah”

Indikator

  • Unggul dalam prestasi akademik (UNAS)
  • Unggul dalam pengamalan IMTAQ
  • Unggul dalam lomba bidang studi
  • Unggul dalam lomba keagamaan, pidato bahasa Arab
  • Unggul dalam lomba Qira’ah
  • Unggul dalam kegiatan Ekstrakurikuler (lukis)
  • Unggul dalm paduan suara, Fut sal, TSPM, HW, renang
  • Unggul dalam lomba MIPA
  • Unggul dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia / akhlakul karimah
  • Unggul dalam pembentukan kedisiplinan
  • Unggul dalam pembudayaan kebersihan lingkungan

Misi Sekolah

  • Melaksanakan KBM yang efektif
  • Memberikan contoh pengamalan ibadah sehari-hari, sholat jamaah, Qiro’ah, tadarus, pengajian, peringatan hari besar agama, budaya kehidupan Islami
  • Pembinaan prestasi, menyiapkan & mengikuti lomba-lomba
  • Pembinan agama untuk persiapan lomba agama
  • Kegiatan ekstra Qiroah
  • Kegiatan ekstra lukis / pembinaan prestasi
  • Kegiatan/ pembinaan prestasi, Fut sal, TSPM, Band, Tonti, English Conversation Club, Story Telling, HW, renang, paduan suara, dongeng/ bercerita
  • Melaksanakan pembinaan prestasi bidang MIPA
  • Mengefektifkan pengamalan kehidupan Islami dalam kehidupan sehari-hari (salam, jabatan tangan, cara bersikap dan bertutur kata, doa, tadarus, sholat jama’ah, pengajian rutin, dll)
  • Mengefektifkan guru piket/ siswa piket, Diklat PKS, mengefektifkan tata tertib dengan reward / punishment.
  • Melaksanakan kerja bakti rutin, piket kelas, pembudayaan hidup bersih, mendukung program SEMUT LIS (Sepuluh menit untuk lingkungan sekolah)

 

Tujuan Sekolah

  1. Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Siswa sehat jasmani dan rohani.
  3. Siswa kreatif, terampil, dan bekerja untuk dapat mengembangkan diri secara terus menerus.

Demi ke-eksisan satuan pendidikan, maka SD Muhammadiyah Pringgokusuman mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan-Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Negara Republik Indonesia.

 

http://sdmuhpringgokusuman.sch.id/

Sekolah Dasar Muhammadiyah Pringgokusuman berdiri sejak tahun 1969 semula dengan nama SD Muhammadiyah Ngadiwinatan II yang berkedudukan di Sosrodipuran GT. IV/200 Yogyakarta. SD Muhammadiyah Ngadiwinatan II merupakan salah satu sekolah yang dibina oleh Muhammadiyah Majlis/bagian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan cabang Gedongtengen. Sekolah tesebut dimulai dari sekolah menumpang dirumah tokoh Muhammadiyah di wilayah cabang Gedong Tengen d.a Bapak Abdulsyukur, Jalan Dagen Yogyakarta. Atas prakarsa Muhammadiyah cabang Gedong Tengen dan uluran tangan Bapak Drs. Hanan Muchtarom rela memberikan tanah wakaf untuk yang berlokasi di Kelurahan Pringgokusuman. Kemudian pada tanggal 8 Agustus 1994 SD Muhammadiyah Ngadiwinatan II diganti dengan nama SD Muhammadiyah Pringgokusuman.

Sekolah ini telah menjadi dambaan bagi masyarakat Pringgokusuman dan Gedong Tengen pada umumnya sebab satu-satunya Sekolah Muhammadiyah di wilayah Gedong Tengen. Namun karena masih minimalnya pembinaan keagamaan di SD Muhammadiyah serta melemahnya pengamalan nilai-nilai agama disekolah maka perlu adanya peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai ajaran agama secara nyata disekolah.

Nama Sekolah : SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta
NSS dan NPSN : 102046001014/20403324
Status : Terakreditasi “A”
Alamat : Jl. Pringgokusuman No. 28 GT II/ 406
Yogyakarta 55272
Telepon  (0274) 580336
Email : sdmpringgo@yahoo.com
: info@sdmuhpringgokusuman.sch.id

 

Berita

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Tingkat DIY Tahun 2014 dengan tema “Musabaqah Tilawatil Quran Kita Wujudkan Generasi Muda Yang Berakhlakul Karimah dan Qurani” yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) DIY pada tanggal 29 Oktober 2014 di SMK N 2 Pengasih Kulonprogo diikuti pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK se-DIY dengan jumlah peserta dan pendamping 310 orang memperebutkan kejuaraan 13 cabang lomba. Termasuk didalamnya Ananda Reza Taufiq Ismail (Siswa SD Muhammadiyah Pringgokusuman) yang mewakili Kafilah Kota Yogyakarta pada Cabang Lomba Musabaqah Adzan Putra Pelajar SD. Ananda Reza Taufiq Ismail turut mengantarkan Kafilah Kota Yogyakarta sebagai juara umum MTQ DIY kali ini dengan memperoleh Juara ke-III.

Kepala sekolah SD Muhammadiyah Pringgokusuman, Rofiq Andria Arifianto, S.P, M.Pd mengatakan “Tentunya perolehan juara pada tingkat provinsi tahun ini menjadikan kebanggaan tersendiri bagi sekolah”. Sebagai buah dari program pembinaan prestasi SD Muhammadiyah Pringgokusuman yang mempersiapkan kader-kader berprestasi, menyalurkan minat dan mengembangkan bakat, serta memberikan pembinaan kepada siswa sesuai bidang yang diminati dengan peran serta dan kerjasama yang harmonis antara sekolah, orangtua murid dan masyarakat. Sebagai salah satu program unggulan SD Muhammadiyah Pringgokusuman memberikan bimbingan dalam penjajagan setiap bidang keilmuan baik ilmu agama dan ilmu pengetahuan yang menjadi minat siswa untuk dikembangkan, sehingga apabila terdapat kegiatan lomba atau kompetisi SD Muhammadiyah Pringgokusuman siap berpartisipasi,

http://pdmjogja.org/siswa-sd-muhammadiyah-pringgokusuman-berprestasi/

https://id-id.facebook.com/pages/SD-Muhammadiyah-Pringgokusuman-Yogyakarta/358271160860483

Sumber:

http://sdmpringgo.blogspot.co.id/

Privat SD Jogja, SD Muhammadiyah Pringgokusuman, Guru privat SD Jogja, Les Privat SD Jogja, Les Privat Jogja