0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Bimokurdo No. 33, Yogyakarta, Indonesia
Phone : +62 274 556674 | Fax : +62 274 586031

Alamat: Jl. Bimo Kurdo No.33, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221

Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Telepon: (0274) 556674

 

Sejarah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

SD Muhammadiyah Sapen berdiri pada tahun 1 Agustus 1967. Tidak seperti sekolah-sekolah swasta sekarang yang didirikan dengan modal besar oleh pemilik atau yayasannya, SD Muhammadiyah Sapen didirikan dengan modal niat, semangat, dan keihlasan oleh para pendirinya. Diantara para tokoh yang memprakarsai berdirinya SD Muhammadiyah Sapen adalah H. Sutrisno, Drs. Marsum, M.M., Sumarno, Djazari Hisyam, S.H., Drs. Kirmadji, dan tokoh sekitar kampung Sapen yang peduli dengan pendidikan.

Proses berdirinya SD Muhammadiyah Sapen sempat ditanggapi pesimis oleh warga sekitar. Perasaan pesimis itu muncul karena saat itu sama sekali tidak ada dana untuk membangun gedung dan biaya operasional sekolah sehingga SD Muhammadiyah Sapen hanya menempati mushalla berukuran 3 X 4 M kemudian berpindah ke sebuah balai RK yang sebenarnya tidak layak untuk dijadikan tempat belajar. Ruangannya berukuran 6 X 6 M. Semua dindingnya terbuat dari gedhek yang sudah rapuh, berlubang, dan penuh tiang penyangga agar tidak roboh. Genap sudah status SD Muhammadiyah Sapen saat itu sebagai sekolah terjelek di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Melihat kondisi semacam itu Sumarno, salah seorang pemrakarsa berdirinya SD Muhammadiyah Sapen, merasa terpanggil untuk mewakafkan tanahnya seluas 1000 m. Pembangunan gedung pun dimulai pada tahun 1971 dengan terbentuknya panitia pembangunan yang diketuai oleh Prof. Dr. H.A. Mukti Ali, MA. Pembangunan ini berlanjut dengan adanya bantuan dari Prof.Dr. Amin Rais berupa tanah seluas 400 m2. kemudian disusul sumbangan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu yaitu Prof Dr. Wardiman Joyonegoro sehingga terwujudlah bangunan gedung lama. Pada tahun 2000 SD Muhammadiyah Sapen berhasil membebaskan tanah seluas 1800 m2 dan dibangun gedung hingga berwujud seperti sekarang ini.

Bersamaan dengan proses pembangunan tersebut SD Muhammadiyah Sapen mulai berbenah. Setapak demi setapak mencoba memperbaiki diri dan mencari kiat-kiat untuk menjadi sekolah yang berkualitas. “Pelan tapi pasti”, mimpi dan keyakinan itu terbukti. Seiring dengan prestasi yang diraih, SD Muhammadiyah Sapen mulai mendapat kepercayaan dari masyarakat. Mulai tahun ajaran 1991/ 1992 SD Muhammadiyah Sapen selalu meraih nilai rata-rata NEM tertinggi se propinsi DIY, bahkan tingkat nasional. Prestasi non-akademis pun demikian, berbagai tropi kejuaraan tingkat nasional, bahkan internasional diraih.

SD Muhammadiyah Sapen mulai dikenal, tidak hanya di wilayah Yogyakarta, tetapi juga membahana ke seantero Indonesia. Dari siswa yang dahulu hanya berjumlah 5 orang kini seiring dengan peningkatan kualitas dan kepercayaan masyarakat jumlah seluruh siswa telah mencapai 2400 siswa.

 

VISI SD MUHAMMADIYAH SAPEN
Membentuk Pribadi Muslim yang Unggul, Berakhlak Mulia, Berbudaya dan Berwawasan Global.

MISI SD MUHAMMADIYAH SAPEN

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal.
  2. Memberikan kesempatan untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor guna pembentukan insan pemecah masalah.
  3. Mengembangkan pembelajaran berbasis IT dan kemampuan berbahasa asing.
  4. Mengembangkan budaya disiplin dan etos kerja yang tinggi.
  5. Membentuk lingkungan pendidikan di sekolah yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan kualitas keagamaan siswa.
  6. Membangkitkan semangat berprestasi seluruh warga sekolah.
  7. Menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan.
  8. Meningkatkan manajemen partisipatif yang melibatkan siswa, guru, orangtua dan stakeholder sekolah.

 

STRATEGI MENCAPAI VISI MISI

  1. Menginventarisir dan mengkaji sumberdaya yang ada di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta .
  2. Memantapkan program pembinaan prestasi siswa.
  3. Melibatkan Komite Sekolah untuk memperoleh masukan dan dukungan demi terlaksananya program sekolah.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak / instansi-instansi terkait dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  5. Mengembangkan bidang garapan vocasional, seperti Kemampuan berbahasa Inggris, Olah raga,dan penguasaan IT.
  6. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya lingkungan hidup.

 

PEMBELAJARAN

Proses belajar mengajar di SD Muhammadiyah Sapen diseimbangkan antara tiga ranah pendidikan yaitu afeksi, kognisi, dan psikomotor sehingga diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang menguasaii keimanan dan ketakwaan (IMTAK) serta ilmu pengetahuan (IPTEK) sesuai dengan visi dan misi sekolah.Beberapa kegiatan penunjang dalam proses belajar mengajar adalah:

  1. Pembinaan khusus membaca Al-Quran: program ini menggunakan metode Iqra untuk kelas 1 yang belum dapat membaca Al-Quran.
  2. Tes psikologi untuk siswa: kelas 2 untuk mengetahui tingkat IQ siswa dan akan menentukan penanganan peserta didik secara berkelanjutan tes ini dilakukan di kelas II.
  3. Tadarus dan hafalan Al-Quran: program ini dilakukan setiap pagi sebelum dimulai pelajaran mulai dari kelas I sampai kelas VI secara berjenjang.
  4. Pelajaran tambahan: Program ini ditujukan bagi peserta didik yang memiliki ketertinggalan dalam mengikuti pelajaran di kelas.
  5. Program Home visit: program ini dilaksanakan untuk membantu siswa kelas VI dalam persiapan Ujian baik USDA/UNAS.
  6. Kelas patas: program ini dinamakan juga akselerasi diperuntukkan bagi anak-anak yang memiliki kemampuan afeksi, kognisi, dan psikomotor di atas rata-rata.
  7. Pengelompokan kelas: program ini dilakukan untuk memudahkan dalam penanganan peserta didik. Mereka akan dikelompokkan sesuai nilai rapot yang diperoleh tiap semester.
  8. Bimbingan psikolog: setiap hari Sabtu sekolah menyediakan psikolog guna konsultasi hambatan belajar siswa.
  9. Konsultasi prestasi siswa: program ini dilaksanakan guna mewujudkan keberhasilan pembelajaran melalui kerja sama sekolah dengan orang tua/wali siswa. Program ini dilaksanakan setiap ahad pagi. Selain mendatangkan narasumber, orang tua juga dapat sharing dengan wali kelas tentang perkembangan putra-putrinya.

Berita dari KRJogja.com- Siswa SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta di tahun 2016 ini, menunjukkan kemampuannya dengan menyabet berbagai gelar kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional. Disamping itu, juga ada beberapa siswa yang saat ini sedang persiapan maju tingkat nasional mewakili DIY.

Prestasi terbaru diraih Kepala SD Muhammadiyah Sapen Sofyan SSi MPd terpilih sebagai Kepala SD Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 dalam Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tingkat nasional.

Penjelasan ini disampaikan oleh Kepala SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta Agung Rahmanto SH ketika mendampingi guru dan siswa berprestasi bersilaturahmi dengan Direktur Utama PT BP <I>Kedaulatan Rakyat<P> dr Gun Nugroho Samawi dan Komisaris Utama Drs HM Romli serta Direktur Keuangan Imam Satriadi SH. Menurut Agung Rahmanto, ada dua kepala sekolah di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, karena merupakan dua SD yang digabung menjadi satu.

“Ada dua siswa kami yang akan berangkat ke Manado mewakili DIY dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 28 Agustus – 3 September 2016,” kata Agung Rahmanto. Dua siswa tersebut Muhammad Iqbal cabang lomba cipta dan baca puisi kemudian Nadia Rahma untuk cabang lomba pidato.

Prestasi internasional yang diraih antara lain Juara Umum Olimpiade Internasional Alquran dan Teknologi Sains 2016 di Kampus Uhamka Jakarta. Juara Umum Olimpiade Matematika Singapore and Asian Math Olympiad 2016 di Singapura. Medali emas, perak dan perunggu masing-masing dua di International Singapore Math Competition 2016. Juara 1 Olimpiade Matematika Eyelevel Tingkat Internasional 2016, Muhammad Ridho dan Maulana Satya Adigama meraih medali perak dalam Singapore International Matemathics Olympiad Challenge 2016. Kemudian Alifa Batrisya Nareswari meraih medali perak dalam International Mathematics Kangaroo Contest 2016.

Sedangkan prestasi tingkat nasional, Juara 1 lomba Kepala SD tingkat nasional 2016, Juara Umum Olimpiade KMNR ke-11 tingkat nasional tahun 2016. Juara Umum Olimpiade Matematika Sainds dan Bahasa Inggris tingkat nasional yang diraih oleh Marsha Anny Yumna. Medali perak diraih oleh Aydinahasna Huwaidi Aziz dan Abiyesta Sheva Alfaru dalam Olimpiade Sains Nasional 2016 bidang Matematika dan IPA di Palembang. (War)

http://krjogja.com/web/news/read/6507/SD_Muhammadiyah_Sapen_Panen_Prestasi

Koleksi Vidio

https://www.youtube.com/watch?v=C_3k9efWWOA

Sumber dari:

http://www.sdmuhsapen-yog.sch.id/

http://krjogja.com/web/news/read/6507/SD_Muhammadiyah_Sapen_Panen_Prestasi

 

Privat SD Jogja, Profil SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, Guru privat SD Jogja