0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Privat SD Jogja, SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta, Guru privat SD Jogja, Les Privat SD Jogja, Les Privat Jogja

SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta

Alamat: Jl. Notowinatan, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telepon: (0274) 517869

Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Profil Sekolah

SD Muhammadiyah Sokonandi

Alamat:
UNIT 1: JL. Kapas No. 5A Semaki, Umbulharjo,Yogyakarta
UNIT 2: JL. Notowinatan, Gunungketur, Pakualaman, Yogakarta
Telp. ( 0274 ) 517869, 550534, 6544223.
e-mail : muhsokonandi_yogya@yahoo.com
Website : http://www.sdmuhsokonandi.sch.id

  1. Nama Sekolah : SD Muhammadiyah Sokonandi
    2. Nomor Statistik Sekolah : 102046014036
    3. Nomor Identitas Sekolah : 100280
    4. No.Pokok Sekolah Nasional : 20403352
    5. Alamat Sekolah :

Unit I
a. Jalan : Jl. Kapas No. 5A
b. Kelurahan : Semaki
c. Kecamatan : Umbulharjo
d. Kota : Yogyakarta
e. Provinsi : Daerah Istimewa Yogyakarta

Unit II :
a. Jalan : Jl. Ki Mangun Sarkoro Notowinatan
b. Kelurahan : Gunungketur
c. Kecamatan : Pakualaman
d. Kota : Yogyakarta
e. Propinsi : Daerah Istimewa Yogyakarta

– Nomor Telepon / Fax. : (0274) 517869 / (0274) 552861
– Kode Pos : 55166
– Email : muh_sokonandi@yahoo.co.id.
– Website : http://www.sdmuhsokonandi.sch.id.

  1. Tahun didirikan : 1 Januari 1964
    7. Nomor SK Pendirian :
    8. Status Sekolah : Swasta Terakreditasi “A”
    9. Nomor Akte/Sertifikat Tanah :
    10. Nama Yayasan : Pimpinan Daerah Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar & Menengah Kota Yogyakarta
    11. Status Akreditasi : Terakreditasi A Tahun 2012-2017
    12. Status Tanah : Hak Milik Muhammadiyah
    13. Status Bangunan : Hak Milik Muhammadiyah
    14. Luas Tanah : 2.176 m2
    15. Luas Bangunan : 1.092 m2
    16. Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi

 

Refleksi Sejarah Sokonandi.

Sejarah kepemimpinan di SD Muhamamdiyah Sokonandi mencatat banyak prestasi sekaligus problematika sejarah perjalanan sebuah lembaga,

  1. Zundar Wisman (1966-1981),
    2. Sukarno A. Ma Pd (1981-1991),
    3. Hadi Sutrisno A. Ma, Pd (1991-1995),
    4. M. Irsyad Haryanto (1995-1998).

Tahun 1996 terjadi pemekaran menjadi SD Muhammadiyah Sokonandi I dan SD Muhammadiyah Sokonandi II masing-masing dijabat oleh

  1. M. Irsyad Haryanto (kepala SD Muh. Sokonandi I) dan
    6. Koeswandi (kepala SD Muh. Sokonandi II) tahun 1999-2002.
    7. Sejak tahun 1998 Drs. M. Irsyad digantikan oleh Drs. H. Suwardi dan Drs. Koeswandi digantikan oleh Drs. Madiyono hingga akhir tahun 2005.
    8. Pada tanggal 1 Januari 2006, Drs. Madiyono selaku kepala SD Muh. Sokonandi II digantikan oleh Arif Rahman Hakim, S.Ag. Sejak 1 Oktober 2009 hingga 2012 kepemimpinan di SD Muhammadiyah Sokonandi I dan SDM Sokonandi II dijabat oleh Arif Rahman Hakim, S.Ag. seiring dengan purna tuganya Drs. Suwardi selaku kepala SDM Sokonandi I.

Di akhir masa bakti Bapak H. Suwardi dan tahun pertama kepemimpinan Bapak Arif Rahman Hakim, SDM Sokonandi I/II memiliki 2 kampus yang sangat representative, yaitu kampus 1 di jl. Kapas 5A, Semaki Umbulhajo Yogyakarta, dan kampus 2 di jl. Kimangunsarkoro, Gunungketur Pakualaman Yogyakarta.

Pada Era kepemimpinan Bapak H. Suwardi, Bapak Madiyono dan di awal kepemimpinan Bapak Arif Rahman Hakim terjadi kemajuan yang signifikan dalam berbagai capaian prestasi, baik akademik maupun non akademik. Sehingga pada tahun-tahun itu animo masyarakat begitu antusias untuk memasukan putra-putrinya di SD Muhammadiyah Sokonandi. Tercatat dalam data jumlah siswa SD Muhammadiyah Sokonandi mencapai 1.268 dari kelas I sampai dengan kelas VI masing-masing paralel 6 sehingga jumlah kelas yang ada sebanyak 36 kelas, setiap kelasnya rata-rata 40 siswa.

  1. Pada awal Februari 2012 PDM Kota Yogyakarta mengadakan rolling Kepala Sekolah, maka terjadi perubahan kepemimpinan SD Muh. Sokonandi 1 dipimpin oleh Cahyono, S. Ag. Dan SD Muh. Sokonandi 2 dipimpin oleh Hadi Nuryanto, S.Ag.
    10. Pada Akhir Juli 2016 kembali perputaran Kepala Sekolah dengan perubahan SD Muh. Sokonandi 1 dipimpin oleh Cahyono, S. Ag. Diganti Hj. Nur Aida. Dan SD Muh. Sokonandi 2 tetap dipimpin oleh Hadi Nuryanto, S.Ag.

Visi Sekolah:

“Terwujudnya Generasi Islam yang sebenar-benarnya, unggul dalam Ipteks, Kreatif dan Peduli lingkungan”

Misi Sekolah:
1. Mendidik siswa beraqidah kuat, rajin beribadah, fasih membaca al-Qur’an, berakhlak mulia dan peduli sesama, dalam rangka mewujudkan misi dakwah Muhammadiyah
2. Mendidik dan melatih siswa memiliki kompetensi dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi dan seni/ IPTEKS, bahasa dan Olahraga
3. Mendidik dan melatih siswa mampu berfikir dan berkarya.
4. Membiasakan siswa melaksanakan kebersihan, keindahan, kesehatan, kedisiplinan dan kejujuran


Tujuan Pendidikan Sekolah:

Menjadi Lembaga Pendidikan Muhammadiyah yang kuat dan mandiri untuk mewujudkan Misi Muhammadiyah dalam Dakwah, Kaderisasi dan Mencerdaskan Bangsa.

Indikator :

  1. Siswa beraqidah kuat dan murni
    2. Siswa berkepribadian luhur/akhlaqul karimah
    3. Siswa mampu mendirikan Sholat 5 waktu dengan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW yang tertuang dalam Himpunan Putusan Tarjih
    4. Siswa mampu membaca al-Qur’an dengan fasih
    5. Siswa mencintai, meneladani dan mengidolakan Rosulullah SAW.
    6. Siswa mengenal dan mencintai Persyarikatan, Bangsa, Ummat (sosial masyarakat) dan kebudayaannya.
    7. Siswa dapat lulus dan naik kelas dengan nilai di atas KKM dalam mengikuti standar penilaian pendidikan; Tugas/Latihan, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, Ulangan Kenaikan Kelas, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional/UN.
    8. Siswa kuat, sehat jasmani dan rohani.
    8. Siswa memiliki dasar-dasar ilmu pengetahuan, bahasa, ketrampilan dan seni budaya untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
    10. Siswa kreatif, terampil, dan dapat mengembangkan diri secara terus menerus.
    11. Siswa dapat meraih prestasi tinggi dalam berbagai event lomba baik bidang akademik maupun minat bakat.
    12. Siswa dapat mencintai dan turut menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan hijau.

 

http://sdmuhsokonandi.sch.id/

Siswa SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta kembali berprestasi dalam dunia teknologi Robotik. Dalam kejuaraan tingkat Nasional yang bertajuk Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2015 yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta 24-25 Oktober 2015. SD Muhammadiyah Sokonandi memborong  juara 1 – 3.

“Dalam Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2015 untuk siswa SD lombanya hanya Robot Penjejak Cahaya (light surveillace Robot), alhamdulillah kejuaraannya diborong sekolah kami,” demikian disampaikan oleh Kapala Bidang Kesiswaaan Sriningsih Wahyu Pangesti, SH di SD Muhammadiyah Sokonandi, Sabtu (31/10).

Seperti disampaikan Sriningsih Wahyu Pangesti, robot rakitan siswa SD Muhammadiyah Sokonandi yang disebut light surveillace Robottersebut mencari jejak cahaya, yang akan memburu sumber cahaya itu. Dengan syarat lingkungan harus gelap sehingga bisa menjejak sumber cahaya. Sumber cahaya tersebut dapat berasaldari lampu senter, lampu motor, atau lampu mobil. Apabila lingkungan terang benderang oleh sinar matahari, robot tersebut tidak bisa mendeteksi sumber cahaya. Dalam perakitan Robot Light Follower tersebut satu unit robot menghabiskan biaya Rp 1.250.000,-.

Pada Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2015 ada 41 tim yang mengikuti lomba, sedang SD Muhammadiyah Sokonandi sendiri mengirimkan enam tim dengan dua orang personel setiap tim. Untuk mengikuti lomba ini para siswa berlatih intensif sebulan terakhir setiap Sabtu sore sehabis jam pelajaran.Dalam kategori light surveillace Robotini Robot diadu kecepatannya dalam menjejak cahaya dan menjadi  juaranya adalah yang tercepat. Demikian uraian Fitri Umiyati koordinator Ekstra Robotik SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta.

Adapun siswa SD Muhammadiyah Sokonandi yang menjadi juara adalah Juara 1 Khaffah Abdillah Sahih kelas 5 D dan Muhammad Akbar Wiratama Putra kelas 5 D. Juara 2 Aksatriya Acitya Abiyyu kelas 4 A dan Adinda Nayla Azzahra kelas 4 A. Juara 3 Aqilla Graditya Putra kelas 5 C, Diatrie Padma Sari kelas 5 D. Para pemenang mendapatkan trophy bergilir dan sertifikat dari Kementrian Negera Riset Tekonologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia (khusus juara 1) dan trophy tetap KRPY 2015 dari Walikota Yogyakarta. Selamat anak-anak semoga menjadi kader Muhammadiyah handal masa depan. (mac) http://www.muhammadiyah.or.id/id/news-4922-detail-sd-muhammadiyah-sokonandi-sabet-juara-dalam-kontes-robot-pintar-yogyakarta-2015.html

Sumber:

https://www.facebook.com/pages/SD-Muhammadiyah-Sokonandi/125446250807282

https://www.youtube.com/watch?v=Ag2g2i9FNeI

Privat SD Jogja, SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta, Guru privat SD Jogja, Les Privat SD Jogja, Les Privat Jogja