UA-226133185-1
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com
Ujian Nasional (Sumber: Yoursay)

Merebaknya virus corona di Indonesia membuat pemerintah bergerak cepat, salah satunya adalah meniadakan sementara proses belajar tatap muka dengan pengantinya belajar di rumah. Terhitung dari tanggal 16 hingga 29 Maret 2020. Oleh karena itu, kondisi darurat yang akibat Covid-19 itu menjadikan pelaksanaan Ujian Nasional serta Ujian Sekolah untuk sementara waktu harus menunda terlebih dahulu, hingga nanti menunggu penggumuman Pemerintah kembali.

Indonesia setiap tahunnya telah melaksankan Ujian Nasional. Ujian Nasional selain untuk meningkatkan kemampuan siswa agar dapat terstandarisasi, juga bertujuan untuk mengetahui peta pendidikan yang ada di Indonesia. Dengan pelaksanaan Ujian Nasional, kita menjadi tahu mana daerah yang memiliki kualitas pendidikan yang masih rendah atau yang sudah baik. Hal ini sebagai upaya perbaikan yang akan dilakukan ke depannya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Namun dalam pelaksanaannya, Ujian Nasional seringkali menjadi beban bagi para siswa. Mereka dituntut agar mendapatkan nilai tertentu supaya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tersebarnya wabah corona yang membuat sekolah libur dan ujian nasional ditunda, tentu ada kekhawatiran anak tidak belajar di rumah.

5 Tips Belajar di Rumah Persiapan Ujian Nasional :

  1. Menyusun Strategi Belajar

Walaupun belajar di rumah, anak harus merencanakan strategi belajar untuk dua minggu ke depan. Hal ini bertujuan agar belajar menjadi terarah dan memiliki dampak yang jelas. Misalnya, waktu belajar anak adalah setiap pagi dari jam 10 hingga 12, dan juga di malam hari mulai dari jam 7 hingga 9.

Belajar mateteri dapat direncakanan, sebisa mungkin menyelingi materi yang menjadi favorit anak dan yang tidak disukai, agar belajar dapat lebih nyaman dan maksimal karena sesuai dengan yang anak inginkan.

2. Belajar online

Orang tua bisa megarahkan anak untuk belajar online di rumah dengan memanfaatkan smartphone. Saat ini sudah banyak platform pendidikan yang dapat menjadi media untuk belajar mandiri. Apalagi, ada salah satu platform pendidikan online di Indonesia yang memberi akses gratis selama 30 hari bagi siapapun yang ingin belajar secara online.

3. Melakukan Try Out Online

Belajar tidak hanya membaca, tetapi juga perlu latihan soal. Anak harus terbiasa mengerjakan latihan soal agar ketika masuk sekolah nanti tidak kaget ketika bertemu soal. Mencari contoh soal bisa dengan cara mengerjakan try out secara online yang sudah banyak tersedia pada platform-platform pendidikan online.

4. Mengatur Waktu

Berbeda dengan belajar di sekolah yang penuh pengawasan dan lingkungan yang baik. Anak cenderung merasa malas ketika belajar di rumah. Adanya smartphone dan sarana hiburan lainnya membuat mereka kesulitan untuk berkonsentrasi. Orangtua perlu mengatur waktu kapan harus belajar dan kapan harus bermain. Adanya waktu yang efektif dapat semakin memaksimalkan hasil nantinya.

Les Privat Untuk Menghadapi Ujian Nasional

Semua langkah-langkah tadi dapat bermanfaat untuk memaksimalkan belajar di rumah. Namun, jika ingin lebih maksimal dan merasa anak kurang bisa belajar mandiri, Anda dapat mendatangkan guru privat untuk mempersiapkan ujian nasional bagi anak. Dengan waktu yang terbatas tentu anak harus benar-benar efektif menggunakan waktunya untuk belajar. Adanya guru privat dapat mempermudah pekerjaan tersebut.

Selain lebih teratur karena ada orang lain yang ikut serta, guru privat juga dapat memberi suntikan motivasi agar tidak kehilangan semangat dalam belajar. Bimbingan Belajar NUSAGAMA dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari guru privat terbaik yang ada di Yogyakarta.