0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Tes Kompetensi Dasar atau yang biasa disebut dengan TKD merupakan salah satu momok menakutkan bagi peserta yang ingin lulus CPNS 2019. Perlu kamu ketahui, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyatakan adanya wacana, untuk membuka lowongan CPNS untuk tahun 2019. Maka tidak heran, jika banyak dari kamu yang mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksinya.

Tips Mudah Kerjakan Soal TKD CPNS
Tips Mudah Kerjakan Soal TKD atau TPA Ujian CPNS bagi Pemula

Ada salah satu tahapan seleksi yang sangat penting setelah proses administrasi kamu berhasil, yakni Tes Kompetensi Dasar. Pada dasarnya Tes Kompetensi Dasar ini hampir sama dengan Tes Potensial Akademik, yang membedakan hanya penambahan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kepribadian (TKP).

Kemampuan dasar ini tentunya sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan pekerjaan kamu, jika nantinya telah bekerja atau memangku jabatan sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil. Untuk itu, tes ini tidak bisa disepelekan bagi kamu yang masih pemula. Berikut kita simak tips mengerjakan soal TKD untuk pemula.

Tips Belajar TKD atau TPA untuk Pemula

Sebelum memulai bimbel privat CPNS untuk persiapan Tes Kompetensi Dasar, kamu harus tahu nilai minimal yang harus diperoleh untuk bisa lulus tes ini. Untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), kamu harus memiliki skor minimal 70. Sedangkan untuk Tes Intelegensi Umum (TIU), kamu harus memiliki skor minimal 75. Dan untuk Tes Kepribadian (TKP), kamu harus memiliki skor minimal 105.

Namun, kamu tidak perlu risau. Berikut adalah beberapa tips belajar bagi kamu yang masih pemula. Pertama, kamu harus belajar secara konsisten. Belajarlah cukup sekitar 30 menit per hari, tapi konsisten ya. Setelah itu, kamu bisa mengerjakan soal-soal latihan yang dapat diunduh di internet secara gratis. 

Selain mengunduh soal di internet, kamu bisa melakukan latihan simulasi CAT, agar tidak gugup saat tes berbasis komputer. Namun, jika kamu masih belum puas mengerjakan soal-soal dari sana, kamu bisa menggunakan jasa Privat untuk CPNS, agar persiapan kamu menjadi lebih matang lagi.

Tips Mengerjakan TKD atau TPA saat Hari H untuk Pemula

Setelah kamu mempersiapkan diri untuk tes dengan belajar mandiri atau menggunakan jasa Bimbel CAT CPNS, tiba saatnya bagi kamu untuk melakukan Tes Kompetensi Dasar. Jangan galau, berikut tips yang dapat kamu lakukan saat mengerjakan TKD atau TPA berbasis komputer. Hal yang paling utama adalah berdoa dan rileks.

Kedua, kamu harus mampu memanajemen waktu dengan baik. Bagi pemula, biasanya lebih mudah panik ketika berada di dalam ruangan, sehingga sering kehabisan waktu karena terpaku dengan soal-soal yang sulit dikerjakan. Oleh karena itu, kamu harus mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Nah, itu dia tips yang dapat kamu praktikkan sendiri untuk mengerjakan soal-soal TKD atau TPA dengan mudah. Dengan harga yang cukup terjangkau dan kualitas pengajar yang profesional, dijamin tidak akan membuat kamu menyesal. Tunggu apalagi, segera hubungi kami dan kami akan membantu kamu agar lulus CPNS 2019.