0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Bagi kamu yang ingin lulus CPNS 2019, mengerjakan soal-soal tes CPNS merupakan momen yang paling menegangkan. Salah satu tes yang membutuhkan persiapan belajar yang matang adalah Tes Wawasan Kebangsaan atau biasa disebut dengan TWK.

Tes Wawasan Kebangsaan merupakan tes yang diberikan untuk menilai kompetensi kamu dalam pengetahuan dan implementasi tentang empat pilar kebangsaan Indonesia. Di Tes Wawasan Kebangsaan ini, kamu harus memiliki skor minimal 70 saja. Sebab ini merupakan angka yang paling kecil dibandingkan 2 tes yang lainnya. Namun, tes ini tidak bisa disepelekan.

Cara Efektif yang Tepat Kerjakan Soal TKP CPNS
Cara Efektif yang Tepat Kerjakan Soal TKP CPNS

Sebenarnya soal-soal Tes Wawasan Kebangsaan sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk mempelajarinya pun cukup mudah jika kamu menyukai pelajaran sejarah Negara Indonesia. Karena pertanyaan yang keluar hanya seputar hal tersebut. Nah, bagi kamu yang penasaran bagaimana triks untuk menyelesaikan soal TWK, berikut penjelasannya.

Triks Mudah Memahami Materi Tes Wawasan Kebangsaan

Pertama, dalam bimbel privat CPNS kamu harus mengetahui apa saja materi yang dikeluarkan dalam tes ini. Biasanya materi yang diujikan adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi sistem tata negara Indonesia. Selanjutnya sejarah perjuangan bangsa, wawasan pengetahuan umum, peranan bangsa dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan EYD yang baik.

Kedua, kumpulkan materi-materi tersebut secara rapi dan tulis ulang dengan membuat diagram atau mind map yang menarik, sehingga nantinya akan memudahkan kamu melakukan pendalaman mengenai materi tersebut. Pendalaman harus kamu lakukan, karena sejarah berisi hal-hal yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Ketiga, kamu bisa menggunakan kata kunci untuk menghapalkan Undang-Undang Dasar 1945. Menghapalkan seluruh isi Undang-Undang pastinya sangat sulit dilakukan. Keempat, jika kamu memiliki budget berlebih, kamu dapat belajar di bimbingan belajar atau privat CPNSpilihan.

Triks Mengerjakan Soal Tes Wawasan Kebangsaan saat Tes CPNS

Setelah mempelajari materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan baik, dan mengikuti bimbel CAT CPNS, kamu harus mengerjakan soal TWK secara langsung melalui sistem CAT milik BKN. Computer Assited Test sendiri merupakan model yang baru-baru saja digunakan karena berbasis komputer. Namun, ada beberapa triks yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu harus jeli saat mengerjakan soal tes ini.

Kebanyakan soal CPNS untuk materi wawasan kebangsaan selalu menampilkan jawaban yang hampir mirip dan membingungkan. Tanpa kejelian, soal yang harusnya mudah bisa membuat kamu salah. Kedua, kamu harus membaca soal dengan cepat dan mengingat kata kunci yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Hindari berpikir terlalu lama, karena membuat waktu kamu akan terbuang sia-sia. Dari penjelasan di atas, tentunya kamu sudah tidak bingung lagi bagaimana cara mengerjakan soal Tes Wawasan Kebangsaan dengan baik dan mudah. Agar kamu lebih matang lagi, kamu bisa menggunakan jasa bimbel CPNS milik kami yang pasti sudah terpercaya. Tunggu apalagi, segera hubungi kontak kami, dan kami pastikan lulus CPNS 2019 bukan hanya sebuah impian.