fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Ullen Sentalu Menghadirkan Warisan-Warisan Budaya Bersifat Intangible yang diwujudkan melalui karya-karya fine art untuk dikomunikasi kan secara tangible. Museum ini memiliki konsep “jendela” yang mengungkapkan proses peradaban zaman

13-ullen-sentalu-batik-room

13-ullen-sentalu-batik-room

Museum Sentalu merupakan museum swasta yang kehadirannya diprakarsai oleh keluarga Haryono dan berada di bawah yayasan Ulatin Blencong. Museum mulai dirintis pada tahun 1994 dan diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997 oleh KGPAA Paku Alam VIII (gubernur DIY pada waktu itu). ULLEN SENTALU adalah akronim dari kata Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku (‘Pelita Kehidupan Umat Manusia’).

Museum Ullen Sentalu mimiliki tujuh ruang, yaitu Ruang Seni Tari dan Gamelan, Guwa Selo Giri, Kampung Kembang (terdiri atas: Ruang Syair Tineke, Ruang Pendapa, Ruang Batik Vorstendlanden, Ruang Batik Pesisiran, dan Ruang Putri Dambaan), Ruang Budaya, serta Koridor Retja Landa. Setiap pengunjung akan mendapat suguhan minuman resep GKR Mas, permaisuri Sunan PB X, di akhir tour. Lokasi Museum Ullen Sentalu berada di Jalan Boyong Kaliurang, telp (62- 274) 895161. Buka Selasa-Minggu pukul 09.00-15.30 WIB, hari libur nasional tetap buka, tiket Rp. 25.000 (Nusantara) dan $5.00 (mancanegara), dan Rp. 25.000,00 (pelajar mancanegara) .

Alamat Museum Ullen Sentalu:
Jl. Boyong Km 25 Hargobinangun, Pakem,
Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta.
Telp: +62 274 895161
Jam Buka Museum Ullen Sentalu:
Selasa – Jumat: 08.30 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu: 08.39 – 17.00 WIB
Senin Libur.

Website : www.ullensentalu.com

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum yang menawarkan keunikan perpaduan kebudayaan Jawa dan keindahan alam kaki pegunungan Merapi. Anda diajak untuk memasuki lorong waktu, menjelajahi ruang dan waktu dari masa klasik hingga masa kini. Di sana Anda akan melihat kehidupan empat kerajaan Mataram melalui koleksi syair, filosofi batik vorstendlanden, serta berbagai foto dan lukisan.

Anda akan mendapati bahwa keluarga kraton memang berpendidikan dan berselera tinggi, namun meeka tetap mengedepankan keharmonisan kebudayaan Jawa yang adiluhung. Ullen Sentalu berupaya agar Anda sebagai generasi masa kini yang modern juga menghargai kebudayaan Jawa. Walau kebudayaan Jawa adalah kebudayaan yang kompleks, Ullen Sentalu mengajak Anda untuk menjaga identitas kultural dengan cara Anda masing-masing.

Museum Ullen Sentalu terletak di kawasan Kaliurang, Sleman, yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1997. Museum ini awalnya untuk menyelamatkan karya-karya batik kuno yang banyak diburu oleh kolektor asing.

Usaha sebuah keluarga yang dibesarkan di tengah lingkungan batik dan tekstil ini mendapat dukungan dari empat kraton dinasti Mataram: Sri Paduka Paku Alam VIII, Sunan Paku Buwono XII, Gusti Kanjeng Ratu Alit, KGPH Poeger, dan GRAY Nurul Kusumawardhani. Mereka juga sekaligus ikut memberikan benda-bendanya dari kain batik, assesoris, foto, naskah, dan lain-lain untuk dijadikan koleksi museum.

Museum ini mempunyai dua bangunan utama, yaitu Guwa Selo Giri (bangunan bawah tanah), dan Kampung Kambang. Kampung Kambang sendiri masih terbagi menjadi lima bagian, yaitu Balai Sekar Kedaton, Pendapa Pengantin Gaya Yogya, Ruang Batik Yogyakarta-Surakarta, Ruang Batik Pesisiran, dan Ruang Putri dambaan, Di bangunan inilah tersimpan berbagai koleksi kain batik, kebaya, naskah, foto, lukisan dan sebagainya.

Sumber dari

Museum Ullen Sentalu, Kaliurang

http://dewi-w-n-fisip11.web.unair.ac.id/artikel_detail-104105-Tugas-Museum%20Ullen%20Sentalu%20Jogjakarta%20.html

https://gudeg.net/direktori/271/museum-ullen-sentalu-yogyakarta.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Ullen_Sentalu

http://yogyakarta.panduanwisata.id/daerah-istimewa-yogyakarta/museum-ullen-sentalu-menguak-misteri-kebudayaan-dan-sejarah-berkaitan-dengan-putri-keraton-yogyakarta-maupun-surakarta/

http://museumjogja.org/id/content/27-museum-ullen-sentalu

http://ullensentalu.com/konten/40/0/informasi

Museum Ullen Sentalu, Pendiri Ullen Sentalu, Koleksi Museum Ullen Sentalu, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour

Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online. Pelatihan Kewirausaan Bagi Ibu Rumah Tangga dan Remaja. Privat Bisnis Remaja, Peluang Bisnis Remaja, Bisnis bagi Ibu rumah Tangga, Bisnis Ibu Rumah tangga, Bisnis Profit Ibu Rumah. Pelatihan Parenting bagi Ibu Bapak dan Pengasuh anak. Diklat Parenting, Pola Asuh Parenting, Pendidikan Anak Usia Main, Belajar Parenting, Privat Parenting, Privat Ibu Asuh.